Minggu, 23 Juni 2019

Mini Research Pasar Modal Syariah

Nama  : Akbar 
NPM   : 1701270104P
Prodi.  : Perbankan Syariah
Dosen : Rian Hartato
Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara 











Mini Research
 Harga Saham PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE, Tbk
2014-2015

BAB I PENDAHULUAN

Jakarta Islamic Index ( JII )
Jakarta Islamic Index atau biasa disebut JII adalah salah satu indeks saham yang ada di Indonesia yang menghitung index harga rata-rata saham untuk jenis saham-saham yang memenuhi kriteria syariah. Pembentukan JII tidak lepas dari kerja sama antara Pasar Modal Indonesia (dalam hal ini PT Bursa Efek Jakarta) dengan PT Danareksa Invesment Management (PT DIM). JII telah dikembangkan sejak tanggal 3 Juli 2000. Pembentukan instrumen syariah ini untuk mendukung pembentukan Pasar Modal Syariah yang kemudian diluncurkan di Jakarta pada tanggal 14 Maret 2003. Mekanisme Pasar Modal Syariah meniru pola serupa di Malaysia yang digabungkan dengan bursa konvensional seperti Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Setiap periodenya, saham yang masuk JII berjumlah 30 (tiga puluh) saham yang memenuhi kriteria syariah. JII menggunakan hari dasar tanggal 1 Januari 1995 dengan nilai dasar 100.
Tujuan pembentukan JII adalah untuk meningkatkan kepercayaan investor untuk melakukan investasi pada saham berbasis syariah dan memberikan manfaat bagi pemodal dalam menjalankan syariah Islam untuk melakukan investasi di bursa efek. JII juga diharapkan dapat mendukung proses transparansi dan akuntabilitas saham berbasis syariah di Indonesia. JII menjadi jawaban atas keinginan investor yang ingin berinvestasi sesuai syariah. Dengan kata lain, JII menjadi pemandu bagi investor yang ingin menanamkan dananya secara syariah tanpa takut tercampur dengan dana ribawi. Selain itu, JII menjadi tolak ukur kinerja (benchmark) dalam memilih portofolio saham yang halal.
Syarat Menjadi Anggota JII
Perusahaan dan institusi yang masuk daftar JII setiap tahun selalu dikontrol ketat, dan daftarnya selalu dirveisi setiap 6 bulan sekali. Setiap perusahaan atau emiten yang ingin masuk ke dalam daftar indeks JII harus memenuhi beberapa syarat, antara lain sebagai berikut:
1.      Jika bukan kelompok 10 kapitalisasi besar, perusahaan tersebut harus memiliki jenis usaha yang prinsip utamanya adalah syariah, dan minimal harus sudah berjalan selama 3 bulan.
2.      Harus punya saham yang rasio kewajiban ke aktiva maksimalnya minimal 90 persen atau lebih besar, dan itu harus berdasarkan laporan keuangan yang dibuat di pertengahan tahun atau akhir tahun.
3.      Harus punya minimal 60 saham berdasarkan rata-rata kapitalisasi pasar dan 30 saham dengan urutan likuiditas rata-rata yang berdasarkan nilai perdagangan yang reguler. Keduanya harus sudah dimiliki minimal selama setahun terakhir.
4.      Saham yang dimiliki tidak boleh berkaitan dengan usaha yang bersifat riba dan haram bagi muslim, misalnya terkait penjualan dan pendistribusian minuman keras, judi, produk mengandung babi, serta barang-barang ilegal. Hal ini sebenarnya secara umum juga tak baik bagi indeks bisnis Indonesia.
Penyeleksian ini tentu saja dilakukan dengan pengawasan lembaga berwenang, dalam hal ini adalah Dewan Pengawas Syariah dari PT DIM.

Profil PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE, Tbk
PT Matahari Department Store Tbk (“Matahari” atau “Perseroan”) memiliki sejarah yang panjang dalam dunia ritel Indonesia. Memulai perjalanan pada tanggal 24 Oktober 1958 dengan membuka gerai pertamanya berupa toko fashion anak-anak di daerah Pasar Baru Jakarta, Matahari melangkah maju dengan membuka department store modern pertama di Indonesia pada tahun 1972. Sejak itu Matahari telah menjadikan dirinya sebagai merek asli nasional.
Sampai saat ini mengoperasikan 155 gerai yang tersebar di 74 kota di seluruh Indonesia, dengan luas ruang hampir satu juta meter persegi dan telah mengembangkan kehadirannya dalam dunia online melalui MatahariStore.com.
Dengan perjalanan usaha yang telah dibangun selama 60 tahun, Matahari senantiasa menyediakan pilihan fashion dengan trend terkini untuk kategori pakaian dan mode, serta produk-produk kecantikan dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya yang ditampilkan dalam gerai modern serta Matahari.com. Matahari sangat bangga atas dukungannya terhadap perekonomian Indonesia dengan mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan dan berpartner dengan sekitar 850 pemasok lokal serta pemasok internasional.
Merek-merek eksklusif Matahari telah berulangkali terpilih sebagai merek fashion terfavorit di Indonesia dan hanya dijual di gerai Matahari dan MatahariStore.com. Perseroan juga telah berulangkali meraih penghargaan baik nasional maupun internasional dalam segala aspek bisnisnya, yang menunjukkan reputasi baik Perseroan sebagai salah satu perusahaan yang dinamis, dan terpercaya. Penghargaan tersebut antara lain peringkat ke-3 di antara peritel Indonesia dalam Top 500 Retail Asia Pacific (Retail Asia, Euromonitor, & KPMG); dan Brand Asia 2017 sebagai Top 3 Most Powerful Retail Brand in Indonesia (Nikkei BP Consulting, Inc).
Visi dan Misi PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE, Tbk
Visi
Semua orang Indonesia dapat tampil menarik dan nyaman.
Misi
Menyediakan berbagai kebutuhan fashion berkualitas dan terjangkau bagi para pelanggan dengan suasana yang ramah, sehingga dapat memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.
Direksi dan Dewan Komisaris telah meninjau dan menyimpulkan bahwa visi dan misi Matahari yang baru telah sesuai dengan budaya dan semangat Matahari, serta sejalan dengan tujuan utama Matahari baik dari aspek komersial maupun sosial. Oleh karena itu Direksi dan Dewan Komisaris sepakat untuk menggunakan visi dan misi Matahari yang baru.

Kinerja PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE, Tbk
PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) tengah berada dalam tren yang positif berkat peningkatan rata-rata penjualan tiap toko atau same store sales growth (SSSG) dan transaksi penjualan secara online.
Analis JP Morgan, Aditya Srinath mengatakan, perolehan SSSG milik LPPF terus meningkat dalam dua kuartal terakhir. Jika pada kuartal III-2017, tingkat SSSG yang dicapai LPPF menurun hingga -26%, maka di kuartal IV-2017 tingkat SSSG tersebut naik menjadi 3,7%. Tren kenaikan berlanjut sampai kuartal I-2018 lalu saat LPPF mencatatkan SSSG sebesar 4,8%.
Analis Mirae Asset Sekuritas, Christine Natasya menambahkan, gerai-gerai yang terletak di wilayah Jabodetabek dan luar Pulau Jawa berkontribusi besar terhadap pertumbuhan SSSG milik LPPF dalam dua kuartal terakhir. Pertumbuhan SSSG di Jabodetabek mencapai 4,8% di kuartal IV-2017 dan 6,1% di kuartal I-2018. Sedangkan SSSG di luar Pulau Jawa tumbuh 4,4% di kuartal IV-2017 dan 5,7% di kuartal I-2018.
Di samping itu, transaksi penjualan online LPPF melalui layanan mataharistore.com juga naik. Di kuartal III-2017 lalu, LPPF mencatatkan 130.000 transaksi penjualan online. Angka ini kemudian naik di kuartal IV-2017 dan kuartal I-2018 masing-masing menjadi 215.000 dan 270.000.
Tak heran pencapaian-pencapaian tersebut membuat kinerja LPPF di kuartal pertama tahun ini tergolong baik. Sebagai info, pendapatan LPPF di kuartal tersebut naik 5,9% (yoy) menjadi Rp 1,96 triliun. Laba bersih LPPF tumbuh 1% (yoy) menjadi Rp 246,7 miliar.
“SSSG dan transaksi penjualan online yang meningkat mencerminkan bahwa fundamental LPPF tergolong bagus,” kata Christine, Senin (6/6). Analis NH Korindo Sekuritas, Michael Tjahjadi menilai, strategi bisnis yang baik menjadi kunci sukses di balik peningkatan penjualan LPPF, baik melalui gerai secara langsung maupun lewat situs daring.
Dia memberi contoh, sejak tahun lalu LPPF bekerja sama dengan Disney untuk menjual berbagai macam merchandise dari perusahaan tersebut. Dalam promosinya, LPPF juga berkolaborasi dengan sejumlah artis lokal.
Pertengahan tahun ini pun LPPF mencoba berinovasi dengan menjual produk-produk dekorasi rumah. “Kehadiran produk dekorasi rumah dapat menaikkan jumlah pengunjung dan berpotensi meningkatkan jumlah transaksi di gerai milik LPPF,” terang Michael, hari ini.
Ia pun merekomendasikan beli saham LPPF dengan target Rp 11.250 per saham. Senada, Christine menyarankan beli saham LPPF pada target Rp 12.550 per saham. Adapun Aditya merekomendasikan overweight saham LPPF dengan target Rp 10.350 per saham. Hari ini, harga saham LPPF berada di Rp 8.850 per saham.

Go Public
Pada tahun 1992, manajemen Matahari memutuskan untuk go public. Dengan demikain resmilah perusahaan ini bernama PT. Matahari Putra Prima, Tbk. Perkembangan Jumlah Toko Jumlah toko bernama matahari Dept. Store (MDS) ini berkembang terus. Di mulai pada tahun 1973 lahir MDS pertama, peralihan dari toko De Zon yang telah dibeli oleh Hari Darmawan. Selanjnya Hari membuka cabang di beberapa lokasi di Jakarta, antara lain di Pasar Baru (1973), Senen (1981), Jatinegara dan Melawai (1984). Tahun 1984 mulailah pembukaan toko diluar Jakarta, yaitu di Bogor dan Bandung. Toko yang pertama di buka di luar Jawa Barat adalah MDS Tunjangan di Surabaya, Jawa Timur pada tahun Ekspansi selanjutnya ke luar Jawa, yang pertama di Sumatra yaitu di MDS Thmarin Medan pada tahun 1989, kemudian di Bali yaitu MDS Duta Plaza pada tahun 1991, toko pertama di Kalimantan adalah MDS Balikpapan, yang dibuka pada tahun Sedangkan di Sulawesi, MDS Makasar Mall adalah toko yang pertama, pada tahun 1994, lebih ke Timur lagi, pada tahun 1995 di buka di MDS Ambon. Di antara pembukaan toko-toko tersebut terdapat banyak lagi pembukaan toko-toko tersebut terdapat lagi pembukaan toko yang lain, seluruhnya lebih dari 100 toko yang pernah di buka. Namun sekarang ini pengoprasian toko hanya 76 toko dengan adanya beberapa penutupan toko di lokasi-lokasi tertentu. Penutupan tersebut dihubungankan dengan musibah dan pandangan bisnis para profesional riteler di dalam Matahari-matahari yang menilai memang harus di tutup.








BAB II PEMBAHASAN
                     Harga Saham PT. Matahari Dapartment Store Tbk
2014
Bulan
Harga Dibuka
Harga Tertinggi
Harga Terendah
Harga Ditutup
Januari
Rp              10,700
Rp              10,700
Rp             10,700
Rp             11,625
Februari
Rp              11,600
Rp              15,000
Rp              11,475
Rp              14,000
Maret
Rp              13,500
Rp              15,000
Rp              12,900
Rp              13,900
April
Rp              13,875
Rp              15,500
Rp              13,675
Rp              15,000
Mei
Rp              15,000
Rp              15,175
Rp              13,500
Rp              14,525
Juni
Rp              14,400
Rp              14,550
Rp              13,500
Rp              13,800
Juli
Rp              13,975
Rp              15,450
Rp              13,475
Rp              14,500
Agustus
Rp              14,950
Rp              18,000
Rp              13,725
Rp              16,275
September
Rp              15,725
Rp              17,100
Rp              15,650
Rp              16,225
Otober
Rp              16,350
Rp              16,350
Rp              14,250
Rp              14,625
November
Rp              14,700
Rp              15,700
Rp              14,025
Rp              15,000
Desember
Rp              15,000
Rp              15,850
Rp              14,025
Rp              15,000



                            
Harga saham terendah pada awal januari 2014 yakni 10.700 dan  ini merupakan harga terrendah selama tahun 2014 dikarenakan CVC melalui Asia Color sudah melepas 18% saham LPPF, yang terbagi dalam dua kali transaksi, yakni 6,51% saham pada Maret 2014, dan 11,48% pada Agustus 2014. Dus, kepemilikan Asia Color per September 2014 menyusut dari 32,17% menjadi 14,18%.
Pada bulan februai-mei harga saham meningkat hingga 15.000 dikarenakan laba bersih Matahari meningkat menjadi Rp1,42 triliun atau Rp486 per saham dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp1,15 triliun atau Rp394 per saham.


Harga Saham PT. Matahari Dapartment Store Tbk
                                                                                              2015
Bulan
Harga Dibuka
Harga Tertinggi
Harga Terendah
Harga Ditutup
Januari
 Rp         14,800
 Rp               16,200
 Rp               14,125
 Rp               15,525
Februari
 Rp         15,550
 Rp               18,100
 Rp               14,125
 Rp               17,850
Maret
 Rp         18,000
 Rp               20,000
 Rp               17,300
 Rp               19,700
April
 Rp         19,700
 Rp               20,225
 Rp               16,100
 Rp               17,500
Mei
 Rp         17,650
 Rp               18,450
 Rp               16,200
 Rp               17,450
Juni
 Rp         17,400
 Rp               18,000
 Rp               15,800
 Rp               16,550
Juli
 Rp         16,550
 Rp               18,125
 Rp               15,800
 Rp               17,500
Agustus
 Rp         17,200
 Rp               18,800
 Rp               14,300
 Rp               17,525
September
 Rp         17,475
 Rp               17,475
 Rp               15,150
 Rp               16,100
Otober
 Rp         16,400
 Rp               18,025
 Rp               15,600
 Rp               16,575
November
 Rp         16,400
 Rp               16,875
 Rp               14,500
 Rp               15,650
Desember
 Rp         16,000
 Rp               17,900
 Rp               15,800
 Rp               17,600



Di tahun 2015 harga saham lebih tinggi dari tahun sebelumnya, laba bersih LPPF mencapai Rp 1,78 triliun atau naik 25,5% dibandingkan tahun 2014. Hal ini karena meningkatnya pendapatan perseroan sebesar 10,8% menjadi Rp 16 triliun. Pada tahun 2015, perseroan sudah membuka 11 gerai baru. Hingga akhir September 2015, aset LPPF sebesar Rp 3,6 triliun. Dibandingkan akhir tahun lalu, aset Matahari naik 5,9%. Sementara liabilitas LPPF sebesar Rp 2,8 triliun, turun 10,8% secara year to date (ytd).




BAB III KESIMPULAN
Harga saham PT. Matahari Departement Store, Tbk melonjak pada tahun 2015 mencapai Rp 1,78 triliun atau naik 25,5% dibandingkan tahun 2014. Hal ini karena meningkatnya pendapatan perseroan sebesar 10,8% menjadi Rp 16 triliun. Harga saham terendah pada awal januari 2014 yakni 10.700 dan  ini merupakan harga terrendah selama tahun 2014 dikarenakan CVC melalui Asia Color sudah melepas 18% saham LPPF, yang terbagi dalam dua kali transaksi, yakni 6,51% saham pada Maret 2014, dan 11,48% pada Agustus 2014. Dus, kepemilikan Asia Color per September 2014 menyusut dari 32,17% menjadi 14,18%.



1 komentar:

  1. pusatnya link alternatif agen sabung ayam filipina
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus